Ulasan tentang KoinWorks Fitur, Manfaat, dan potensi kerugian

KoinWorks secara luas dianggap sebagai salah satu penyedia layanan pinjaman peer-to-peer (P2P) yang paling dapat dipercaya di Indonesia. Ada banyak minat pada perusahaan teknologi keuangan (fintech) ini, baik dari orang-orang yang tertarik meminjam uang maupun orang lain yang tertarik berinvestasi.

Analisis Koinworks berikut didasarkan pada pengalaman penulis sebagai investor di platform ini untuk jangka waktu lebih dari 2 tahun.

Apa Itu KoinWorks?

PT Lunaria Annua Teknologi adalah perusahaan investasi di balik platform pembiayaan peer-to-peer yang dikenal sebagai KoinWorks. Fintech, sering dikenal sebagai layanan pinjaman dan pinjaman berbasis teknologi, adalah spesialisasi organisasi ini. KoinWorks membawa nomor registrasi S-1862 / NB.111/2017, yang menunjukkan bahwa itu berwenang dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketika datang untuk menyediakan layanan untuk pinjaman peer-to-peer, KoinWorks berfungsi seperti pasar yang menghubungkan pembeli (dalam hal ini, peminjam) dengan penjual (dalam hal ini pemberi pinjaman). Setelah dievaluasi oleh tim KoinWorks menggunakan machine learning, calon peminjam diberi kesempatan untuk menerima pinjaman hingga batas yang telah ditentukan.

KoinWorks adalah salah satu perusahaan besar di sektor P2P lending industri fintech di Indonesia. Investree, Akseleran, dan Amartha adalah pesaing utamanya saat ini.

Ketika OJK mengalami kesulitan menghentikan perusahaan fintech tanpa izin yang berpartisipasi dalam P2P lending, KoinWorks mapan sebagai platform legal dan tepercaya yang menawarkan solusi keuangan alternatif, baik kepada peminjam maupun pemberi pinjaman.

Versi Internet KoinWorks, selain aplikasi seluler yang mendukung instalasi di Android dan iOS, dapat menggunakan perangkat lunak.

Cara Mendaftar KoinWorks

Mendaftar dengan KoinWorks adalah proses yang cukup sederhana. Bergabung dengan KoinWorks adalah proses yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari lima menit, berbeda dengan mendaftar di platform investasi lain seperti saham atau reksa dana, yang membutuhkan sejumlah besar persyaratan. Semua yang diperlukan dari Anda adalah membuat file digital dalam bentuk salinan pindaian Kartu Identitas.

Ketika Anda mendaftar untuk KoinWorks, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kenyataan bahwa Anda harus memiliki rekening tabungan yang terdaftar dengan nama Anda, dan nama pada akun harus sesuai dengan nama pada kartu identitas anda. Ini adalah tindakan pencegahan yang dilakukan KoinWorks untuk melindungi konsumennya dari kemungkinan penipuan.

BACA JUGA:   Ulasan aplikasi Indogold, termasuk kelebihan dan kekurangannya

Proses pendaftaran di KoinWorks adalah sebagai berikut, langkah demi langkah:

  1. Masuk ke situs resmi KoinWorks, yaitu koinworks.com.
  2. Lengkapi bidang yang diperlukan dengan alamat email, kata sandi, nomor ponsel, dan kode promosi anda saat ini (jika ada).
  3. Harap pastikan bahwa informasi pribadi Anda dimasukkan secara akurat dan secara keseluruhan.
  4. Unggah file ID digital.
  5. Tandai kotak yang bertuliskan ” Saya setuju dengan pernyataan persetujuan Gabung Ke KoinWorks.”
  6. Klik Daftar.
  7. Tunggu sampai staf KoinWorks memiliki kesempatan untuk memverifikasi pendaftaran anda.
  8. Anda akan diberi tahu melalui email ketika status akun Anda berubah menjadi ” siap.”
  9. Anda dapat mulai berinvestasi ketika Anda telah melakukan setoran awal ke akun virtual Anda sebesar Rp 100.000.

Kelebihan Investasi di KoinWorks

KoinWorks memberikan dua jaminan kepada orang-orang yang berinvestasi atau meminjamkan uang kepada perusahaan, dan janji tersebut adalah sebagai berikut:

1. Investasi minimum kecil
Nominal minimum investasi yang dibutuhkan oleh KoinWorks sangat wajar, mulai dari Rp 100.000 saja.

Ketika Anda memiliki akses ke dana yang sangat murah, Anda dapat segera berkolaborasi dengan pemberi pinjaman lain untuk membiayai pinjaman. Sebagai acuan, minimum investasi yang diperlukan untuk berpartisipasi di Investree adalah Rp 1.000.000. Di sisi lain, jumlah ini setara dengan Akseleran, yang juga memiliki plafon penggalangan dana minimal Rp 100.000.

2. Tingkat pengembalian atau bunga memuaskan
KoinWorks menawarkan suku bunga yang sangat menarik, yang berkisar antara 14% hingga 20% per pinjaman setiap tahun dan diiklankan sebagai antara dua angka ini. Peringkat risiko pinjaman menentukan berapa banyak bunga ini berubah dari pinjaman ke pinjaman.

Ambil, misalnya, kasus di mana Anda memberikan sejumlah Rp 10 juta untuk pinjaman yang membawa tingkat bunga tahunan sebesar 18%. Anda akan menerima pembayaran bunga sebesar 1,5% per bulan (18% dibagi 12 bulan), yang setara dengan Rp 150.000 setiap bulan. Jelas bahwa tingkat pengembalian ini sangat menarik mengingat situasinya.

3. Kemampuan robot peminjaman otomatis
Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengurus aset investasi tetapi Anda masih ingin berinvestasi dalam P2P lending, fungsi robo lending yang ditawarkan KoinWorks dapat membantu menjaga dana Anda berputar dan menghasilkan keuntungan bahkan jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengurus aset investasi.

BACA JUGA:   Review Aplikasi Bions : Kelebihan dan Kekurangan

Jika dibandingkan dengan pesaing seperti Investree dan Akseleran, opsi pembiayaan robo yang ditawarkan Koinworks merupakan keuntungan bagi perusahaan.

Karena fungsi ini memiliki dukungan untuk pembelajaran mesin, yang harus anda lakukan adalah memilih jumlah waktu yang tepat, dan itu akan memberikan perkiraan pendapatan yang dapat dibuat selama periode waktu tersebut.

Langkah berikutnya adalah untuk mengambil hal-hal yang mudah, melakukan apa-apa, dan masih menghasilkan keuntungan.

Fitur-fitur KoinWorks

Berikut ini adalah daftar fitur yang disediakan KoinWorks untuk penyandang dana dan investor:

Menu untuk situs web atau aplikasi
Anda akan dibawa ke halaman untuk akun investasi Anda segera setelah Anda berhasil mendaftar dan masuk lagi.

Menunya cukup mudah: aktivitas (untuk melihat informasi lengkap mengenai pendanaan anda), portofolio (untuk melihat semua pendanaan yang telah Anda selesaikan), Marketplace (untuk melihat daftar pinjaman yang siap Anda danai), dan Cart (berisi pesanan atau pendanaan yang baru saja anda lakukan).

Aktivitas
Anda akan dapat melihat total aset, dana yang tersedia, dan pengembalian bunga yang telah Anda hasilkan dalam opsi berlabel “aktivitas.”

Anda dapat melihat aktivitas selama 30 hari terakhir, tahun sebelumnya, dan 12 bulan sebelumnya. Menu Aktivitas memberi Anda kemampuan untuk mengontrol arus kas, serta mentransfer dan menarik dana.

Marketplace
Anda dapat memeriksa daftar pinjaman yang telah disetujui oleh KoinWorks dan menunggu untuk didanai dengan memilih opsi Menu ini. A

nda memiliki pilihan untuk mengatur mereka dalam urutan berdasarkan kriteria sebagai berikut: jenis pinjaman (komersial atau pribadi), kelas (tingkat), kepemilikan (jangka pendek atau waktu yang lama), metode pembayaran, dan nominal pendanaan.

Pinjaman untuk jangka pendek dan panjang
Di KoinWorks, investor memiliki pilihan untuk memilih antara dua tenor pinjaman yang berbeda, yang masing-masing disebut sebagai pinjaman jangka pendek dan jangka panjang.

Pinjaman jangka panjang sering kali memiliki jangka waktu jatuh tempo satu hingga dua tahun, sedangkan pinjaman jangka pendek biasanya jatuh tempo dalam satu hingga tiga bulan.

Suku bunga untuk pinjaman jangka pendek biasanya lebih besar daripada pinjaman jangka panjang, sedangkan nominal pembiayaan biasanya lebih rendah.

BACA JUGA:   Review aplikasi i.Saku Kelebihan dan Kekurangan

Meskipun tingkat bunga pinjaman dengan durasi yang panjang lebih rendah, pendanaan nominal lebih tinggi; meskipun demikian, pengembalian investasi kumulatif untuk investor lebih tinggi.

Auto purchase
KoinWorks termasuk fungsi yang disebut “Auto buy” yang membantu investor dalam memilih pinjaman yang mereka akan secara otomatis membiayai untuk memaksimalkan keuntungan mereka. Pemilihan pinjaman secara manual berada di luar kemampuan beberapa investor.

Anda, sebagai pemberi pinjaman, memiliki kemampuan untuk menentukan kondisi pinjaman yang disesuaikan dengan preferensi Anda, termasuk jenis, kelas, tenor, dan jumlah nominal pinjaman.

Fungsi Pembelian otomatis membuatnya lebih mudah bagi investor untuk menyebarkan dana dan mengelola portofolio mereka. Anda harus memiliki cukup uang dalam dana yang tersedia sebelum Anda dapat mengaktifkan fitur pembelian otomatis.

Kami telah menggunakan fungsi pembelian otomatis ini selama hampir satu tahun sekarang, dan kami sangat senang dengan hasilnya. Bahkan dengan hanya sedikit pemeliharaan, kita masih harus bisa mendapatkan bunga yang dijanjikan.

Robo lending
Ketika datang ke otomatisasi keuangan seseorang, fitur ini hampir identik dengan auto buy. Perbedaannya terletak pada kenyataan bahwa investor dalam pembelian Mobil bertanggung jawab untuk menentukan syarat dan ketentuan mereka sendiri untuk pinjaman yang akan mereka danai.

Saat berpartisipasi dalam pinjaman Robo, investor memiliki akses ke teknologi pembelajaran mesin KoinWorks, yang memandu mereka melalui proses pemilihan pinjaman yang diantisipasi untuk menghasilkan pengembalian tertinggi bagi investor.

Pengoperasian robo-lending didasarkan pada evaluasi laba bunga semaksimal mungkin dan istilah yang dipandang memiliki potensi keberhasilan terbesar. Salah satu dari banyak manfaat menggunakan KoinWorks adalah memiliki fungsi yang disebut robo lending, yang merupakan revolusi dalam dunia P2P lending.

Dana proteksi

Jika peminjam tidak dapat memenuhi komitmen keuangan mereka, investor Menggunakan Dana Perlindungan P2P lending system dikenakan kerugian total investasi mereka. KoinWorks, di sisi lain, memberikan perlindungan kepada investor dalam bentuk dana perlindungan, yang memastikan bahwa investor akan mendapatkan persentase tertentu dari nilai investasi mereka bahkan jika mereka tidak dibayar.

Compounding
Ketika bunga dapat ditarik kembali sebagai dana untuk membiayai pinjaman, itu merupakan salah satu peluang paling menguntungkan yang tersedia di KoinWorks. Keuntungan bergulir, sering dikenal sebagai Compounding, adalah istilah lain untuk proses di mana bunga yang diperoleh dari Dana Selanjutnya dapat menghasilkan pendapatan lebih lanjut untuk dana tersebut.

BACA JUGA:   Review Aplikasi SeaBank

Promo dan referral
KoinWorks menyediakan berbagai program promosi kepada para investornya secara rutin, selain bonus referral bagi para investor yang berhasil mengundang orang lain untuk bergabung dengan KoinWorks. Promosi dan rujukan ini akan memberi Anda koin, yang akan diperhitungkan dalam dana anda yang tersedia dan dapat digunakan untuk mendanai pinjaman. Koin dapat ditukarkan dengan uang sungguhan.

Distribusi otomatis ke berbagai dana investasi
Sesuai pedoman yang ditetapkan OJK, saldo kas pada akun KoinWorks Anda tidak boleh dilunasi (ngendon) lebih dari dua hari. Untuk mencapai tujuan ini, ada perusahaan yang dikenal sebagai Mandiri Manajemen Investasi (MMI) yang bekerja sama dengan KoinWorks. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk menginvestasikan saldo tidak aktif pada reksa dana yang diperdagangkan di pasar modal Mandiri Investa pasar Uang 2 (MIPU2).

 

Risiko Investasi di KoinWorks

Sebagai layanan pinjaman peer-to-peer, KoinWorks menyediakan alternatif investasi sederhana dan menjamin bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan besar dari pinjaman mereka. Investasi ini tidak menjamin tidak adanya risiko sama sekali, meskipun disetujui oleh OJK dan beroperasi di bawah pengawasannya. Sebelum memasukkan uang ke dalam program pinjaman P2P, investor masih perlu berhati-hati dan penilaian yang baik.

Berikut ini adalah daftar bahaya investasi yang harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh investor di KoinWorks.

1. Risiko peminjam gagal bayar
Dalam dunia fintech dan peer-to-peer lending, ini adalah masalah yang relatif lazim yang mungkin timbul. Meskipun Dana Perlindungan melakukan yang terbaik untuk mengurangi risiko Tidak terbayarnya pembayaran oleh peminjam, penyedia layanan P2P lending seperti KoinWorks tidak bertanggung jawab jika beberapa peminjam gagal membayar pinjaman mereka.

Namun, karena tidak semua pinjaman diasuransikan dan jumlah dana yang dikembalikan oleh Dana Perlindungan ditentukan oleh nilai pinjaman yang didanai, Dana Perlindungan tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa investor tidak akan menderita kerugian modal jika ada peminjam yang tidak mampu melunasi utangnya.

BACA JUGA:   Review aplikasi Bareksa, Kelebihan dan kekurangan

Fitur Protection Fund yang ditawarkan Koinworks masih kurang bisa diandalkan dibandingkan dengan yang ditawarkan Akseleran. Namun, ini masih merupakan perbaikan dari Investree, yang sering tidak menawarkan bentuk asuransi sama sekali.

2. Algoritma yang dikembangkan oleh KoinWorks yang mungkin atau mungkin tidak benar
KoinWorks menggunakan algoritma peringkat kredit untuk menentukan pinjaman mana yang memenuhi syarat untuk layanan Robo lending dan auto purchasing.

Di sisi lain, karena tingginya kemungkinan ketidakakuratan yang disebabkan oleh algoritma, program mungkin menyarankan pinjaman kepada investor yang membawa tingkat risiko yang lebih tinggi dari biasanya.

3. Fluktuasi suku bunga
Karena cara kerja pasar dan ketidakpastian lingkungan ekonomi, suku bunga dapat berfluktuasi. Investor dapat menderita kerugian yang signifikan setiap kali ada perubahan signifikan dalam suku bunga. Sayangnya, baik INVESTOR maupun KoinWorks tidak memiliki pengaruh atas risiko ini karena berada di luar lingkup pengaruh mereka.

4. Informasi yang salah yang diberikan oleh pemohon pinjaman
KoinWorks telah melakukan upaya untuk memvalidasi setiap peminjam dan pemberi pinjaman yang telah bergabung dengan platform teknologi keuangan mereka.

Namun, masih ada kemungkinan penipuan identitas atau peminjam tidak menawarkan data yang akurat tentang diri mereka sendiri; oleh karena itu, peminjam ini memberikan penampilan yang dapat diandalkan tetapi benar-benar terkena sejumlah besar bahaya.

Kesimpulan

Menurut analisis kami, yang didasarkan pada dua tahun pengalaman berinvestasi di KoinWorks, KoinWorks layak dipertimbangkan sebagai platform pilihan ketika datang untuk berinvestasi dalam pinjaman peer-to-peer. Dibandingkan dengan para pesaingnya, fitur yang disediakan memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi.

Namun, KoinWorks memang memiliki beberapa kekurangan, yang paling menonjol adalah kenyataan bahwa aplikasi tersebut dapat membingungkan bagi pendatang baru karena fakta bahwa ia memiliki jumlah fungsi yang berlebihan, dan asuransi yang tidak mencakup semua pinjaman.

Kelemahan lain dari menggunakan KoinWorks adalah Belum Menyediakan Sistem Syariah. Hal ini terlepas dari kenyataan bahwa beberapa pesaing KoinWorks saat ini menawarkan platform P2P lending yang sesuai dengan Hukum syariah.

Pengalaman kami dalam melakukan investasi melalui KoinWorks sangat menguntungkan secara keseluruhan, dan kami tidak akan berpikir dua kali untuk merekomendasikan agar Anda setidaknya mencoba platform ini.