Review aplikasi i.Saku Kelebihan dan Kekurangan

Karena kasir yang memproses transaksi hampir selalu menawarkan pendaftaran Aplikasi i.Saku kepada klien, Kalian yang membeli di Indomaret secara rutin mungkin sudah tidak asing lagi dengan dompet elektronik i.Saku. Jika ini masalahnya, Kalian mungkin pernah mendengarnya.

Meskipun moniker “i.Saku” mungkin tidak begitu dikenal sebagai ” DANA,” “OVO,” atau “LinkAja,” mata uang digital ini adalah ciptaan Indomaret, jaringan ritel utama yang memiliki toko terbanyak di Indonesia.

Secara alami, pengguna i.Saku akan diberikan keistimewaan khusus ketika melakukan bisnis di Indomaret, dan sebaliknya, pengalaman berbelanja bagi pelanggan Indomaret akan menjadi semakin lebih nyaman ketika menggunakan i.Saku.

Jika Kalian ingin tahu tentang dompet digital Biru Elektrik ini, baca terus untuk ulasan i.Saku kami, yang akan membahas fitur-fiturnya serta Kelebihan dan Kekurangan yang terkait dengan penggunaannya.

Apa sebenarnya i.Saku?

Diluncurkan pada Oktober 2017, Aplikasi i.Saku merupakan produk dompet elektronik yang dikembangkan dan diproduksi oleh PT Inti Dunia Sukses (IDS). Melalui kepemilikan Indoritel, PT Inti Dunia Sukses Menjadi Anggota konglomerat Salim Group.

Indoritel adalah jaringan ritel besar yang mengoperasikan toko di bawah spanduk Indomaret, Klik Indomaret, Indogrosir, dan Superindo. Selain itu, Grup Salim bertanggung jawab atas bisnis e-commerce Elevenia dan iStyle.

i.Saku corporation sepenuhnya didedikasikan untuk membantu upaya pemerintah untuk menciptakan masyarakat tanpa uang tunai. Selain itu, adalah tujuan Aplikasi i.Saku untuk memungkinkan mereka yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan murah untuk tetap memanfaatkan banyak manfaat yang ditawarkan oleh lembaga keuangan.

Komitmen ini dilakukan oleh penerapan fitur i.Saku, yang memiliki kapasitas untuk mendukung hingga 2000 berbagai jenis transaksi virtual. Transaksi ini termasuk melakukan pembayaran non Tunai, melakukan pembelian, dan membayar berbagai tagihan.

Enam juta orang telah mendaftar untuk i.Saku sejak Situs pertama kali ditayangkan dua tahun lalu. Dompet elektronik ini telah bermitra dengan 23.583 pengecer berbeda di Indonesia, dengan pengecer Indomaret terhitung sebanyak 17.300 outlet dan UMKM terhitung sebanyak 6.253 mitra.

BACA JUGA:   5+ Aplikasi Trading Terbaik Paling Efektif

Fitur Aplikasi i.Saku

Berikut ini adalah daftar kemampuan yang ditawarkan oleh i.Saku untuk mendukung bentuk pembayaran non tunai:

1. Isi saldo

Saldo di Aplikasi i.Saku bertindak sebagai alat perdagangan uang, yang dapat Kalian gunakan untuk membayar barang-barang seperti belanjaan atau sewa, antara lain. Kalian dapat menambahkan uang ke akun i.Saku Kalian melalui lokasi merchant yang bermitra dengan i.Saku, atau Kalian dapat mentransfer dana langsung dari rekening bank Kalian untuk menambahkan uang ke akun i.Saku Kalian.

Indomaret, CeriaMart, dan Indogrosir adalah tiga perusahaan ritel berbeda yang berkolaborasi untuk mengisi kembali i.Saku. Ada berbagai pilihan bank yang tersedia untuk dipilih yang dapat menyediakan pengisian saldo Aplikasi i.Saku, termasuk BCA, BNI, BRI, Mandiri, Cimb Niaga, dan bank lain.

2. Lakukan pembayaran saat berbelanja online.

Karena i.Saku berafiliasi dengan Indomaret, cukup mudah untuk mendaftar di berbagai metode pembayaran online yang ditawarkan oleh banyak pasar. Di halaman checkout platform e-commerce pilihan Kalian, yang perlu Kalian lakukan untuk membayar pembelian online Kalian adalah memilih Metode Pembayaran Indomaret/i.Saku.

3. Dukungan untuk QRIS dan pembayaran untuk pembelian offline

Tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah besar untuk membayar belanja di toko; sebaliknya, seseorang hanya perlu memuat dompet digital di ponsel cerdas mereka dengan jumlah uang yang sesuai.

Dompet elektronik Aplikasi  i.Saku memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran untuk pembelian yang dilakukan di lokasi yang merupakan bagian dari jaringan Indoritel menggunakan sistem token. Lokasi tersebut antara lain Indomaret, CeriaMart, Indogrosir, Superindo, Point Coffee, Washaku Sato, dan Mister Donut.

BACA JUGA:   Review Aplikasi 3C Battery Manager

Kalian dapat menggunakan kemampuan pemrosesan pembayaran satu-scan fitur qris scan untuk menangani pembayaran untuk pedagang lain yang bukan bagian dari jaringan Indoritel. Oleh karena itu, Aplikasi i.Saku dimasukkan ke dalam aplikasi yang berisi fungsionalitas QRIS.

4. Indomaret Poinku

Pengguna Aplikasi i.Saku akan mendapatkan bonus berupa poin dan stamp setiap kali melakukan pembayaran di Indomaret menggunakan i.Saku. Poin dan perangko ini dapat dikumpulkan dan dilihat melalui fungsi Indomaret Poinku yang termasuk dalam aplikasi i.Saku pada perangkat seluler pengguna.

Di lain waktu, titik dan cap ini dapat diterapkan kembali terhadap pembelian bahan makanan lebih lanjut. Satu poin pada program loyalitas Indomaret sebanding dengan satu rupiah, dan dapat digunakan sebagai bentuk pembayaran baik di Indomaret maupun Klik Indomaret. Sementara Stamp dapat diperdagangkan di untuk i-kupon, yang dapat digunakan sebagai voucher untuk belanja.

5. Mentransfer dana

Melalui fitur Aplikasi i.Saku yang dikenal sebagai” Kirim Uang, ” dimungkinkan untuk mentransfer dana ke pengguna platform lain yang juga menggunakan i.Saku. Sayangnya, pengguna hanya dapat mentransfer dana ke akun yang terkait dengan Aplikasi i.Saku; transfer bank tidak didukung. Sangat menyedihkan bahwa ini adalah kasus mengingat bahwa banyak aplikasi e-wallet terkemuka lainnya saat ini menyertakan fungsi untuk transfer bank.

6. Top up akun Uang Elektronik

i.Saku memungkinkan pengguna untuk menambahkan dana ke akun mereka menggunakan berbagai mata uang elektronik yang berbeda, termasuk ShopeePay, GoPay, OVO, DANA, dan lainnya. Kalian dapat menambahkan dana ke dompet digital lain dengan memasukkan nomor ponsel yang terkait dengan akun terdaftar di dompet digital tujuan atau dengan menggunakan NFC.

7. Memperoleh barang digital dan token untuk digunakan dalam sistem

Melalui Aplikasi i.Saku, Kalian akan dapat memperoleh barang digital serta token. Pembelian kredit, token prabayar untuk digunakan dengan listrik PLN, kupon streaming, dan keanggotaan di Indoritel adalah contoh jenis transaksi yang didukung.

BACA JUGA:   Aplikasi Perekam Layar Terbaik 2022

8. Mengambil uang tunai

Terlepas dari kenyataan bahwa ini bukan layanan perbankan, i.Saku menawarkan layanan lengkap yang mirip dengan rekening bank. Salah satu layanan ini adalah kemampuan untuk menarik uang tunai tanpa perlu kartu. Kalian memiliki pilihan untuk menarik jumlah uang tunai i.Saku Kalian melalui pengecer offline dengan biaya nominal nol, atau menggunakan ATM yang disediakan oleh Bank Mandiri dan CIMB Niaga dengan biaya nominal mulai dari 100.000 hingga 1.200.000 Rupiah.

9. Membayar tagihan

Perangkat lunak ini memungkinkan Kalian untuk langsung menangani pembayaran untuk berbagai faktur yang terkait dengan kebutuhan sehari-hari Kalian. Menurut i.Saku, aplikasi seluler mereka memberi pengguna akses ke lebih dari 2.000 Pilihan Faktur yang berbeda, yang semuanya dapat diproses.

Kalian dapat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan, tagihan air bersih (PDAM), Listrik (PLN) Pascabayar, telepon pascabayar, internet, dan langganan TV kabel, serta cicilan kartu kredit, cicilan rumah dan mobil, dan lainnya melalui layanan ini.

10. Untuk melayani kebutuhan pelanggannya dengan lebih baik,

Investment i.Saku bekerja sama dengan pegadaian untuk menawarkan layanan investasi emas. Dalam program itu sendiri, Kalian akan memiliki opsi untuk mendaftar investasi serta pembelian dan penjualan emas dari pegadaian.

Cukup arahkan ke menu investasi di Aplikasi i.Saku dan ikuti petunjuk untuk setiap tahap dalam proses. Pendekatan ini mudah digunakan dan dapat diakses dari lokasi manapun. Setelah beberapa titik di masa depan, tabungan emas ini dapat dikonversi menjadi emas yang sebenarnya dan dibawa keluar dari Pegadaian terdekat.

Kelebihan i.Saku

Berikut ini adalah daftar keuntungan yang Kalian akan mendapatkan setelah Kalian mulai menggunakan i.Saku:

BACA JUGA:   Download Aplikasi Mengetahui Sandi Wifi 2022

1. Menjadi afiliasi Indomaret dan salah satu dari ribuan pengecer lainnya

Dompet digital i.Saku terhubung ke jaringan Indoritel, yang merupakan perusahaan induk Indomaret serta supermarket lainnya. Jaringan ini memiliki lebih dari 17.000 outlet dan tersebar di seluruh Indonesia, bahkan mencapai daerah yang paling terpencil, yang memiliki layanan perbankan yang relatif sedikit.

Fakta bahwa kami bekerja sama memberi kami keuntungan dibandingkan aplikasi e-wallet yang bersaing seperti LinkAja.

2. Saluran pembayaran lengkap

Melalui penggunaan program ini, i.Saku menegaskan bahwa ia mampu mencakup 2.000 jenis pembayaran yang berbeda. Sampai saat ini, saluran pembayaran yang telah disediakan oleh i.Saku dapat digambarkan sebagai sangat komprehensif.

Karena hubungannya dengan Indomaret, i.Saku sekarang diterima sebagai metode pembayaran di sejumlah pasar online yang paling menonjol, termasuk Shopee, Bukalapak, dan Lazada, antara lain.

3. Apakah mungkin untuk menarik uang tunai?

Saat ini, dompet digital semacam ini diperlukan untuk memungkinkan penggunanya menarik uang tunai. Ini karena layanan keuangan inklusif adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan oleh semua pihak yang terlibat. Persyaratan ini dipenuhi oleh i.Saku, yang menawarkan alternatif untuk penarikan tunai di berbagai lokasi pedagang dan ATM.

4. Apakah Kalian bisa berinvestasi?

Opsi investasi termasuk dalam aplikasi dompet digital tertentu, tetapi tidak semuanya melakukannya. Pengguna yang tertarik untuk menginvestasikan uang mereka dalam instrumen emas dapat melakukannya segera dalam aplikasi berkat fakta bahwa i.Saku bekerja sama dengan pegadaian untuk memungkinkan hal ini. Fungsi ini cukup sebanding dengan fitur “emas” yang dimiliki program e-wallet DANA.

5. Banyak promo

Hampir selalu ada penawaran promosi untuk belanja yang tersedia bagi pengguna i.Saku, terutama untuk melakukan pembayaran di pedagang offline yang menjual barang dagangan. Selain itu, pelanggan yang memuat uang ke rekening mereka melalui bank tertentu berhak mendapatkan hadiah.

BACA JUGA:   15+ Aplikasi Penghasil Uang Resmi April 2022: Cepat Cair & Terdaftar di OJK!

Kekurangan i.Saku

Berikut ini adalah kekurangan i.Saku yang perlu ditangani untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna:

1. Tidak dapat melakukan transfer ke bank

i.Saku tidak memiliki fitur yang memungkinkan untuk transfer bank. Terlepas dari kenyataan bahwa fitur ini sangat penting, itu tidak selalu termasuk dalam dompet digital.

Pengguna i.Saku yang ingin memindahkan saldo mereka ke rekening tabungan harus, sampai saat ini, pertama menarik dana mereka dari rekening i.Saku mereka, dan kemudian mentransfer dana tersebut ke rekening bank melalui Indomaret. Sangat sulit dipahami dan tidak efisien.

2. Prosedur peningkatan ke layanan penuh membutuhkan banyak waktu.

Proses aplikasi dan verifikasi untuk meningkatkan akun standar menjadi akun dengan layanan penuh masing-masing membutuhkan waktu tiga hari kerja penuh untuk diselesaikan.

Prosedur ini membutuhkan banyak waktu, terutama jika dibandingkan dengan kemampuan dompet elektronik pesaing kami untuk memvalidasi pengguna premium dalam hitungan menit.

3. Masih ada beberapa opsi yang tersedia untuk menarik uang tunai dari ATM.

i.Saku memberikan pelanggan kesempatan untuk menarik uang tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM); namun, hanya ada dua penyedia ATM yang dapat dipilih: Bank Mandiri dan CIMB Niaga.

Pilihan ATM, seperti yang ditawarkan oleh BRI, yang mengoperasikan jaringan ATM yang mencapai bahkan daerah yang paling jauh dari Indonesia, akan menjadi perbaikan.

Dompet digital i.Saku, secara umum, sangat layak menjadi alternatif sebagai pengganti dompet fisik dan mendukung transaksi non tunai Kalian. Ini karena dompet digital sangat aman. Apalagi mengingat banyaknya fitur yang didukung oleh jaringan ritel Indomaret terbesar yang terdapat di Indonesia.