Apa itu PayPal, Fungsi dan Manfaatnya

Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mentransfer uang secara internasional adalah PayPal. Ini seharusnya tidak mengejutkan mengingat bahwa mereka adalah salah satu penyedia layanan paling awal yang menawarkan transfer uang setelah ledakan internet.

Jika Kalian sering mengunjungi situs web yang berbasis di negara lain dan Kalian pernah menemukan diri Kalian di halaman tempat Kalian dapat melakukan pembayaran, kemungkinan besar Kalian akan melihat opsi untuk menggunakan PayPal di halaman itu.

Jika Kalian mencari cara untuk menerima uang dari negara lain atau mengirim uang kepada orang-orang di negara lain, Kalian mungkin juga mendengar banyak pembicaraan tentang layanan ini. Orang menggunakan PayPal lebih dari layanan pembayaran online asing lainnya, karena itu adalah pemenang yang jelas dalam kategori ini. Apa sebenarnya PayPal itu, dan bagaimana cara menjalankan bisnisnya?

Lalu, apa sebenarnya PayPal itu?

PayPal adalah perusahaan Pembayaran Elektronik di seluruh dunia yang menyediakan layanan untuk melakukan transaksi keuangan melalui internet secara internasional. Ini juga banyak digunakan untuk melakukan pembayaran online dan mentransfer uang, baik di dalam negeri maupun internasional.

BACA JUGA:   Review Aplikasi SeaBank

Selain itu, PayPal memberi Kalian kemampuan untuk memilih di antara dua jenis akun yang berbeda agar sesuai dengan kebutuhan Kalian. Kalian dapat membuka rekening pribadi untuk mengelola keuangan pribadi Kalian sendiri, dan Kalian dapat membuka rekening bisnis untuk menangani tuntutan keuangan perusahaan Kalian.

PayPal saat ini diterima di 202 negara dan 25 mata uang asing yang berbeda2, namun rupiah Indonesia bukan salah satu dari 25 mata uang yang dapat digunakan untuk transaksi menggunakan PayPal.

Jika Kalian memiliki akun PayPal, mengirim uang ke orang lain yang juga menggunakan PayPal dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui situs web atau aplikasi seluler PayPal.

Saat berbelanja di bisnis online yang menerima pembayaran yang dilakukan melalui PayPal, Kalian dapat dengan aman menyelesaikan pembelian Kalian dengan menggunakan keranjang pembayaran yang disediakan oleh penjual.

BACA JUGA:   Review aplikasi i.Saku Kelebihan dan Kekurangan

Selain itu, PayPal menyediakan pedagang online dengan seperangkat alat yang dapat membantu mereka dalam pengelolaan bisnis mereka, penyediaan dukungan pelanggan, dan penerimaan pembayaran melalui kartu kredit atau bentuk pembiayaan lainnya. Kalian akan diminta untuk membuat akun bisnis dan memasukkan informasi tambahan jika Kalian ingin menggunakan kemampuan ini.

Karena PayPal bertindak sebagai perantara untuk pembayaran dan penerima pembayaran, tidak perlu bagi salah satu pihak untuk membagikan kartu kredit atau detail rekening bank mereka. Ini dilakukan agar semua transaksi dapat diselesaikan dengan cepat dengan tetap menjaga privasi mereka.

Bagaimana Cara Kalian menggunakan PayPal?

Menggunakan PayPal sama sekali tidak sulit. Setelah Kalian mendaftar, Kalian hanya perlu menggunakan alamat email Kalian untuk setiap dan semua transaksi online Kalian. Silakan kunjungi halaman ini untuk melihat panduan komprehensif tentang cara mengatur akun PayPal secara keseluruhan:

BACA JUGA:   5 Aplikasi Untuk Mengirim Uang ke negara lain

Jika Kalian berhasil membuat akun PayPal, Kalian mungkin ingin menambahkan dana ke saldo PayPal yang ada. Baca posting ini jika Kalian ingin tahu cara menambahkan uang ke saldo PayPal Kalian yang ada.

Jika Kalian telah membuka akun PayPal Kalian dan ada saldo di akun, Kalian siap untuk mulai menggunakan PayPal untuk melakukan transaksi segera setelah disetujui.

Memanfaatkan PayPal sebagai cara pembayaran saat berbelanja online

PayPal umumnya digunakan untuk melakukan transaksi bisnis online, termasuk pembelian dan penjualan barang dan jasa. Sejumlah besar situs web domestik, seperti Agoda dan Rakuten Jepang, telah memasukkan PayPal ke dalam daftar opsi pembayaran yang tersedia. Sebagai pengguna PayPal di Indonesia, Kalian memiliki opsi untuk menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau jumlah di akun PayPal Kalian untuk melakukan pembayaran online.

Berikut ini adalah ikhtisar dari langkah-langkah yang harus diselesaikan sebelum Kalian dapat menggunakan PayPal untuk melakukan pembayaran online:

  • Temukan tombol berlabel “PayPal” di situs web yang Kalian kunjungi untuk menggunakan PayPal sebagai bentuk pembayaran Kalian.
  • Kalian dapat mengakses akun PayPal Kalian dengan masuk.
  • Pilih PayPal sebagai metode pembayaran Kalian saat check out.
BACA JUGA:   5 Aplikasi Untuk Mengirim Uang ke negara lain

Memanfaatkan PayPal sebagai cara transfer uang baik domestik maupun internasional

Jika Kalian adalah warga negara Indonesia, Kalian dapat menggunakan PayPal untuk menerima dan mentransfer uang kepada orang-orang di negara lain. Perlu diketahui bahwa untuk mengirim atau menerima uang melalui PayPal, pengirim dan penerima harus memiliki akun PayPal. Oleh karena itu, tidak mungkin melakukan transfer dana langsung ke rekening bank penerima. Setelah akun PayPal

Kalian divalidasi, tidak ada batasan atas yang ditempatkan pada jumlah uang yang dapat ditransfer melalui layanan. Namun, jumlah maksimum yang dapat dikirim dalam satu transaksi adalah $10.000 dolar AS atau $60.000, dan batas ini didasarkan pada mata uang yang sedang dikirim.

Kalian memiliki pilihan untuk membayar vendor menggunakan akun PayPal Kalian atau mengirim uang ke teman dan keluarga Kalian menggunakan layanan ini. Jika Kalian ingin mengirim uang ke rekening PayPal lain, berikut ini adalah ikhtisar dari proses yang Kalian akan perlu untuk pergi melalui:

  • Kalian dapat mengakses akun PayPal Kalian dengan masuk.
  • Pilih opsi Kirim uang yang terletak di bagian atas halaman.
  • Cukup ketik nama orang yang akan menerima transfer Kalian serta jumlah total uang yang Kalian akan mentransfer.
  • Pastikan Kalian memilih berikutnya.
  • Setelah memastikan bahwa semua informasi Kalian akurat, pilih opsi Kirim Uang.
  • Apakah ada biaya yang terkait dengan penggunaan PayPal untuk transaksi?
BACA JUGA:   Review Aplikasi SeaBank

Jenis transaksi yang Kalian lakukan melalui PayPal dan asal dana yang Kalian gunakan keduanya menjadi faktor total biaya transaksi Kalian saat diproses melalui PayPal. Selain menggunakan kartu debit atau kredit, Kalian juga memiliki opsi untuk menggunakan saldo di akun PayPal Kalian saat melakukan transaksi keuangan di situs web.